customer serviceCustomer service : (021) 26 7878 47, 0813 1613 1747
   
   
promo websiteHot News: Promo Toko Online Hanya Read more...
 E-mail
Salah satu usaha online yang sedang populer selain jadi reseller fashion korea adalah model bisnis dropshipping. Selain nyaris tanpa modal, peluang kerja sampingan ini bisa jadi sangat menguntungkan. Mau tau bagaimana sistem dropshipping ini?

Dari namanya disimpulkan, dropshipping adalah jenis usaha uang seolah kita punya toko online sendiri. Misalkan kita punya website jualan baju impor, nyatanya kita tak perlu punya gudang untuk stok barang. Lalu bagaimana jika ada pembeli?

Saat ada order, kita cukup hubungi sang pemilik butik asli yang bajunya dipajang di situs kita. Setelah konsumen membayar plus ongkos kirim, barulah kira kontak untuk mengirim barang pesanan langsung ke konsumen. Kita hanya bayar setelah dipotong keuntungan.

Besarnya profit tergantung dari kesepakatan bersama atau yang telah ditentukan oleh juragan aslinya. Biasanya hanya berkisar 15% (di luar ongkir) dan banyak juga yang mengharuskan membayar deposit atau biaya pendaftaran untuk bergabung.

Bisnis tanpa modal seperti ini memang tidak memberikan untung yang besar. Apalagi jika dilihat pemain yang sudah ratusan bahkan dengan produk yang seragam. Sehingga kadang kita kesulitan menentukan atau menaikkan harga sendiri agar bisa untung.

Karena itu pilihlah agen atau distributor yang memiliki produk unik seperti grosir boneka misalnya, sebisa mungkin hindari pedagang yang hanya mengijinkan kita bermain harga. Apalagi jika rekanan kita itu jual produk yang sama dengan yang akan kita jual. Kita jadi makin bingung pastinya.

Mau mulai jualan barang orang lain dengan model dropshipping? Pikirkan lagi dengan matang. Kalau sang pemilik produk asli memberikan keuntungan dalam bentuk potongan harga serta mempunyai barang yang berkualitas, tidak ada salahnya kamu coba.
 
 E-mail
Macam Macam Domain Gratis Untuk Pembuatan Website


Bagi anda yang ingin memiliki suatu website tentunya domain merupakan komponen penting dalam pembuatan website. Apakah pengertian Domain ? Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di internet. Domain memberikan kemudahkan pengguna di internet untuk melakukan akses ke server dan mengingat server yang dikunjungi dibandingan harus mengenal deretan nomor atau yang dikenal IP.

Domain ada yang berbayar ada pula yang gratis, Domain berbayar biasanya merupakan Top Level Domain antara lain :

Domain .com, .org, .net, .gov, .info, .tv, cc, dan lain lain

Domain gratis biasanya merupakan second Level Domain atau Sub Dub domain dari Top Level Domain. Meski merupakan sub domain, namun Domain Gratis ini bisa kita menfaatkan layaknya Top level domain. Karena penyedia Domain gratis ini juga melengkapi domain gratis tersebut dengan fasilitas management DNS antara lain setting Name Server , URL Fowarding dan juga Full DNS Management yaitu fasilitas a record, MX Record, NS Record, CNAME dan TXT Record.

Beberapa domain gratis untuk website antara lain :

CU.CC Domain Gratis Terbaru daftar di http://domain-gratis.cu.cc
CO.CC daftarkan domain gratis co.cc di http://co.cc
Uni.Me daftarkan domain gratis uni..me di http://uni.me/
CO.NR domain gratis ini hanya memiliki fasilitas url fowarding, daftarkan di http://www.freedomain.co.nr
Uni.Me domain gratis ini adalah pengganti domain cz.cc yang nampaknya akhir tahun ini sudah mengakhiri layanan domain gratis cz.cc nya

Domain gratis diatas seluruhnya bisa manfaatkan untuk kebutuhan website, blog, site email atau url fowarding. Domain gratis diatas juga bisa anda gunakan pada webhosting berbayar maupun hosting gratis. Domain Gratis bisa anda dapatkan secara gratis melalui link di atas , meski ada beberapa domain premium yang hanya bisa anda dapatkan dengan register berbayar.
 
 E-mail
1. Idhostinger.com
Webhosting gratis ini dikelola oleh fihak swasta di Indonesia yang merupakan kepanjangan tangan dari perusahaan induknya yaitu hostinger.com, sebuah perusahaan media hosting di Ashevile – Amerika Serikat.
Fitur :
Space 2GB, Bandwidth 100GB, PHP dan MySQL, Site Builder, CPANEL, Web Auto Installer, File Manager, No Banner, dll.

2. HourB.com
Berdiri sejak 2009, webhosting ini dikelola oleh perusahaan inggris. Yang menarik adalah klaim fiturnya yang banyak tulisan unlimited.
Fitur :
Unlimited WebSpace, Unlimited Bandwidth, Unlimited Domains, Unlimited Email Addresses, Free Sub domain, CPANEL, Web Auto  Installer, Free Backup Tool, No Banner, dll.

3. Nazuka.net
Sama seperti hourb.com, webhosting ini juga banyak unlimitednya hanya saja pada saat posting ini dibuat, khusus untuk domain co.cc mereka memblokir webhosting ini.
Fitur :
Unlimited disk space, Unlimited Monthly Bandwith, Unlimited SQL databases, Unlimited Hosted Domains, Unlimited Email Accounts, 24/7 Support, Guaranteed Network Uptime, CGI, Ruby (RoR),Perl, PHP, MySQL, Free Site Builder, Free Auto Script Installer (CMS), Password-protected Directories, Free Backup Tool, No Banner, dll.

4. 1freehosting.com
Walau tidak ada tulisan unlimited, webhosting ini banyak digunakan para netter.  Termasuk yang diblokir oleh domain .co.cc.
Fitur :
10.000 MB disk space, Bandwidth limit 100,000 MB/month, cPanel control panel, Fantastico, MySQL 5 Databases Server, Addon domains, Web File Manager, POP3 email, IMAP, WebMail Access (RoundCube, SquirellMail), Mail forwarding, IP address deny Manager, FreeHosting on Dual Quad Processor Performance Linux Servers, No Banner, dll.

5. 000webhost.com
Webhosting ini pastinya sudah cukup populer di telinga dan mata para netter.
Fitur :
1500 MB disk space, 100.000 Megabytes of bandwidth, 5 Add-on Domain, 5 Sub Domain, 5 E-mail Addres, 2 MySQL Database, Simple site builder, Backup Tools, FTP Accounts.

6. 0fees.net
Fitur :
300 MB disk space, 10.000 Megabytes of bandwidth, 5 Add-on domains, 5 Sub domains, PHP with MySQL databases, PHP Flags manager, FTP account, File manager, Webmail, POP3 email, MYSQL, Php MyAdmin.

7. 000a.biz
Fitur :
11.000 Megabytes of space, 400.000 Megabytes of bandwidth, 100 Ad-on Domain, 100 Sub-Domain, No Advertisements, Banners, or Pop-ups, Free FTP, MySQL, phpMyAdmin, dan Website Builder.

8. 000Space.com
Fitur :
5,500 Megabytes of space, 200,000 Megabytes of bandwidth, 50 Free Add-on / parked domains, 50 Free Sub domains, 50 Free MySQL databases, Free PHP Sockets & cURL enabled, Free phpMyAdmin, Free PHP 5m, Free FTP account, File manager, Free Email accounts, Free POP + IMAP email, Custom MX records, Custom CNAME records, Free Traffic, disk & MySQL statistics, Fantastico type installer, video tutorials.

9. web.host.my.id
Sama seperti idhostinger.com, webhost ini juga dikelola oleh pribumi.
Fitur :
Disk Space 1 GB, Bandwidth 50GB, 3 Akun Email, 5 MySql Database, Akses FTP cPanel + Softaculous Auto Installer Script, SEO Tools, No Banner.

Selamat Mencoba =)
 
 E-mail

Secara umum e-commerce adalah segala bentuk transaksi perdagangan/perniagaan barang atau jasa (trade of goods and service) dengan menggunakan media elektronik.

E-commerce adalah kegiatan-kegiatan bisnis yang menyangkut konsumen (consumers), manufaktur (manufactures), service providers dan pedagang perantara (intermediaries) dengan menggunakan jaringan-jaringan komputer (komputer networks) yaitu internet.

Julian Ding dalam bukunya E-commerce: Law & Practice, mengemukakan bahwa e-commerce sebagai suatu konsep yang tidak dapat didefinisikan. E-commerce memiliki arti yang berbeda bagi orang yang berbeda.

Sedangkan Onno W Purbo dan Aang Wahyud,i yang mengutip pendapat David Baum, menyebutkan bahwa: “E-commerce is a dynamic set of technologies, aplications, and business procces that link enterprises, consumers, and communities through electronic transaction and the electronic exchange of goods, services, and information.”

Bahwa e-commerce merupakan suatu set dinamis teknologi, aplikasi dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen dan komunitas melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelayanan dan informasi yang dilakukan secara elektronik.

E-commerce digunakan sebagai transaksi bisnis antara perusahaan yang satu dengan perusahaan yang lain, antara perusahaan dengan pelanggan (customer), atau antara perusahaan dengan institusi yang bergerak dalam pelayanan publik.

Jika diklasifikasikan, sistem e-commerce terbagi menjadi tiga tipe aplikasi, yaitu:

  • Electronic Markets (EMs)

EMs adalah sebuah sarana yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk melakukan/menyajikan penawaran dalam sebuah segmen pasar, sehingga pembeli dapat membandingkan berbagai macam harga yang ditawarkan. Dalam pengertian lain, EMs adalah sebuah sistem informasi antar organisasi yang menyediakan fasilitas-fasilitas bagi para penjual dan pembeli untuk bertukar informasi tentang harga dan produk yang ditawarkan. Keuntungan fasilitas EMs bagi pelanggan adalah terlihat lebih nyata dan efisien dalam hal waktu. Sedangkan bagi penjual, ia dapat mendistribusikan informasi mengenai produk dan service yang ditawarkan dengan lebih cepat sehingga dapat menarik pelanggan lebih banyak.

  • Electronic Data Interchange (EDI)

EDI adalah sarana untuk mengefisienkan pertukaran data transaksi-transaksi reguler yang berulang dalam jumlah besar antara organisasi-organisasi komersial.
Secara formal EDI didefinisikan oleh International Data Exchange Association (IDEA) sebagai “transfer data terstruktur dengan format standard yang telah disetujui yang dilakukan dari satu sistem komputer ke sistem komputer yang lain dengan menggunakan media elektronik”.

EDI sangat luas penggunaannya, biasanya digunakan oleh kelompok retail yang besar ketika melakukan bisnis dagang dengan para supplier mereka.
EDI memiliki standarisasi pengkodean transaksi perdagangan, sehingga organisasi komersial tersebut dapat berkomunikasi secara langsung dari satu sistem komputer yang satu ke sistem komputer yang lain tanpa memerlukan hardcopy, faktur, serta terhindar dari penundaan, kesalahan yang tidak disengaja dalam penanganan berkas dan intervensi dari manusia.

Keuntungan dalam menggunakan EDI adalah waktu pemesanan yang singkat, mengurangi biaya, mengurangi kesalahan, memperoleh respon yang cepat, pengiriman faktur yang cepat dan akurat serta pembayaran dapat dilakukan secara elektronik.

  • Internet Commerce

Internet commerce adalah penggunaan internet yang berbasis teknologi
informasi dan komunikasi untuk perdagangan. Kegiatan komersial ini seperti iklan dalam penjualan produk dan jasa. Transaksi yang dapat dilakukan di internet antara lain pemesanan/pembelian barang dimana barang akan dikirim melalui pos atau sarana lain setelah uang ditransfer ke rekening penjual.

Penggunaan internet sebagai media pemasaran dan saluran penjualan terbukti mempunyai keuntungan antara lain untuk beberapa produk tertentu lebih sesuai ditawarkan melalui internet; harga lebih murah mengingat membuat situs di internet lebih murah biayanya dibandingkan dengan membuka outlet retail di berbagai tempat; internet merupakan media promosi perusahaan
dan produk yang paling tepat dengan harga yang relatif lebih murah; serta pembelian melalui internet akan diikuti dengan layanan pengantaran barang sampai di tempat pemesan.

Karakteristik E-Commerce

Berbeda dengan transaksi perdagangan biasa, transaksi e-commerce memiliki beberapa karakteristik yang sangat khusus, yaitu:

  • Transaksi tanpa batas

Sebelum era internet, batas-batas geografi menjadi penghalang suatu perusahaan atau individu yang ingin go-international. Sehingga, hanya perusahaan atau individu dengan modal besar yang dapat memasarkan produknya ke luar negeri.Dewasa ini dengan internet pengusaha kecil dan menengah dapat memasarkan produknya secara internasional cukup dengan membuat situs web atau dengan memasang iklan di situs-situs internet tanpa batas waktu (24 jam), dan tentu saja pelanggan dari seluruh dunia dapat mengakses situs tersebut dan melakukan transaksi secara on line.

  • Transaksi anonim

Para penjual dan pembeli dalam transaksi melalui internet tidak harus bertemu muka satu sama lainnya. Penjual tidak memerlukan nama dari pembeli sepanjang mengenai pembayarannya telah diotorisasi oleh penyedia sistem pembayaran yang ditentukan, yang biasanya dengan kartu kredit.

  • Produk digital dan non digital

Produk-produk digital seperti software komputer, musik dan produk lain yang bersifat digital dapat dipasarkan melalui internet dengan cara mendownload secara elektronik. Dalam perkembangannya obyek yang ditawarkan melalui internet juga meliputi barang-barang kebutuhan hidup lainnya.

  • Produk barang tak berwujud

Banyak perusahaan yang bergerak di bidang e-commercen dengan menawarkan barang tak berwujud separti data, software dan ide-ide yang dijual melalui internet.

Implementasi e-commerce pada dunia industri yang penerapannya semakin lama semakin luas. Tidak hanya mengubah suasana kompetisi menjadi semakin dinamis dan global, namun telah membentuk suatu masyarakat tersendiri, yang dinamakan Komunitas Bisnis Elektronik (Electronic Business Community).

Komunitas ini memanfaatkan cyberspace sebagai tempat bertemu, berkomunikasi, dan berkoordinasi ini secara intens memanfaatkan media dan infrastruktur telekomunikasi dan teknologi informasi dalam menjalankan kegiatannya sehari-hari. Seperti halnya pada masyarakat tradisional, pertemuan antara berbagai pihak dengan beragam kepentingan secara natural telah membentuk sebuah pasar tersendiri tempat bertemunya permintaan (demand) dan penawaran (supply).

Transaksi yang terjadi antara demand dan supply dapat dengan mudah dilakukan walaupun yang bersangkutan berada dalam sisi geografis yang berbeda karena kemajuan dan perkembangan teknologi informasi, yang dalam hal ini adalah teknologi e-commerce.

Secara umum e-commerce dapat diklasifasikan menjadi dua jenis yaitu: Business to Business (B2B) dan Business to Consumer (B2C).

Business to Business (B2B) adalah sistem komunikasi bisnis on-line antar pelaku bisnis, sedangkan Business to Consumer (B2C) merupakan mekanisme toko on-line (electronic shopping mall), yaitu transaksi antara e-merchant dengan e-customer

Dalam Business to Business pada umumnya transaksi dilakukan oleh para trading partners yang sudah saling kenal dengan format data yang telah disepakati bersama.

Sedangkan dalam Business to Customer sifatnya terbuka untuk publik, sehingga setiap individu dapat mengaksesnya melalui suatu web server. Dalam kajian ini, untuk selanjutnya yang akan dibahas adalah Business to
Customer.

Mekanisme E-Commerce

Transaksi elektronik antara e-merchant (pihak yang menawarkan barang atau jasa melalui internet) dengan e-customer (pihak yang membeli barang atau jasa melalui internet) yang terjadi di dunia maya atau di internet pada umumnya berlangsung secara paperless transaction, sedangkan dokumen yang digunakan dalam transaksi tersebut bukanlah paper document, melainkan dokumen
elektronik (digital document).

Kontrak on line dalam e-commerce menurut Santiago Cavanillas dan A. Martines Nadal, seperti yang dikutip oleh Arsyad Sanusi memiliki banyak tipe dan variasi yaitu:

  • Kontrak melalui chatting dan video conference;
  • Kontrak melalui e-mail;
  • Kontrak melalui web atau situs.

Chatting dan Video Conference adalah alat komunikasi yang disediakan oleh internet yang biasa digunakan untuk dialog interaktif secara langsung. Dengan chatting seseorang dapat berkomunikasi secara langsung dengan orang lain persis seperti telepon, hanya saja komunikasi lewat chatting ini adalah tulisan atau pernyataan yang terbaca pada komputer masing-masing.

Sesuai dengan namanya, video conference adalah alat untuk berbicara dengan beberapa pihak dengan melihat gambar dan mendengar suara secara langsung pihak yang dihubungi dengan alat ini. Dengan demikian melakukan kontrak dengan menggunakan jasa chatting dan video conference ini dapat dilakukan secara langsung antara beberapa pihak dengan menggunakan sarana komputer atau monitor televisi.

Kontrak melalui e-mail adalah salah satu kontrak on-line yang sangat populer karena pengguna e-mail saat ini sangat banyak dan mendunia dengan biaya yang sangat murah dan waktu yang efisien. Untuk memperoleh alamat e-mail dapat dilakukan dengan cara mendaftarkan diri kepada penyedia layanan e-mail gratis atau dengan mendaftarkan diri sebagai subscriber pada server atau ISP tertentu. Kontrak e-mail dapat berupa penawaran yang dikirimkan kepada seseorang atau kepada banyak orang yang tergabung dalam sebuah mailing list, serta penerimaan dan pemberitahuan penerimaan yang seluruhnya dikirimkan melalui e-mail.

Di samping itu kontrak e-mail dapat dilakukan dengan penawaran barangnya diberikan melalui situs web yang memposting penawarannya, sedangkan penerimaannya dilakukan melalui e-mail.

Kontrak melalui web dapat dilakukan dengan cara situs web seorang supplier (baik yang berlokasi di server supplier maupun diletakkan pada server pihak ketiga) memiliki diskripsi produk atau jasa dan satu seri halaman yang bersifat self-contraction, yaitu dapat digunakan untuk membuat kontrak sendiri, yang memungkinkan pengunjung web untuk memesan produk atau jasa tersebut.
Para konsumen harus menyediakan informasi personal dan harus menyertakan nomor kartu kredit.

Selanjutnya, mekanismenya adalah sebagai berikut:

  • Untuk produk online yang berupa software, pembeli diizinkan untuk men-download-nya
  • Untuk produk yang berwujud fisik, pengiriman barang dilakukan sampai di rumah konsumen;
  • Untuk pembelian jasa, supplier menyediakan untuk melayani konsumen sesuai dengan waktu dan tempat yang telah ditentukan dalam perjanjian.

Mekanisme transaksi elektronik dengan e-commerce dimulai dengan adanya penawaran suatu produk tertentu oleh penjual (misalnya bertempat kedudukan di USA) di suatu website melalui server yang berada di Indonesia (misalnya detik.com). Apabila konsumen Indonesia melakukan pembelian, maka konsumen tersebut akan mengisi order mail yang telah disediakan oleh pihak penjual.

Berikut ini adalah Daftar Website E-Commerce di Indonesia (sumber: DailySocial dan NavinoT):

  1. Tokobagus
  2. Tokopedia
  3. Juale
  4. Blanjaa
  5. Bukalapak
  6. Plasa
  7. Krazymarket
  8. QiosQu
  9. Berniaga
  10. Indonetwork
Selamat belajar =)
 
 E-mail
PayPal Inc adalah perusahaan dalam jaringan yang menyediakan jasa transfer uang melalui surat elektronik, menggantikan metode lama yang masih menggunakan kertas, seperti cek dan wesel pos. PayPal juga menyediakan jasa untuk para pemilik situs e-commerce, lelang, dan jenis usaha lain. Hampir semua situs jual-beli di dunia menggunakan pembayaran Paypal. Markas perusahaan ini terletak di San Jose, California, Amerika Serikat.
 
«<12>»

Page 1 of 2
#fc3424 #5835a1 #1975f2 #b487c5 #af8cb4 #3ac3c6